advertise

Rangkuman teori akuntansi sebagai pengantar

Monday 24 August 2015

RANGKUMAN TEORI AKUNTANSI SEBAGAI PENGANTAR

akuntansi
           
            Akuntansi  dapat di pandang suatu ilmu pengetahuan meskipun masih memerlukan pengembangan dan penelitian lebih lanjut, sebagai suatu ilmu yang berdasarkan logika dan penelitian empiris masihlah samgat muda ,maka yang paling banyak dicapai pada saat ini adalah mengembangkan beberapa teori dan sub-sub teori yang saling melengkapi.
 definisi teori dalam akuntansi merupakan sekumpulan hipotesis,konsep,dan prinsip-prinsip pragmatis yang saling berkaitan ,yang membentuk kerangka acuan umum untuk suatu bidang penelitian .
            hendriksen  mendefinisikan teori akuntansi sebagai kumpulan suatu prinsip-prinsip yang luas yang 1 menyajikan suatu kerangka acuan umum dimana praktik akuntansi dapat di nilai,2 mengarahkan praktik dan pengembangan prosedur baru 

            sifat teori akuntansi adalah deskriptif normatif , yaitu menjelaskan apa adanya dan apa yang seharusnya ,sementara jenjang teori dapat di klsaifikasikan kedalam teori sintaktis semantik dan pragmatik. 
·         Teori sintaktik.  merupakan teori yang menelaah hubungan antara simbol dengan simbol secara logis dan sesuai aturan sintaktisnya atau logika matematis
·         Teori semantik adalah teori yang menelaah antara simbol dengan dunia nyata yang di simbolkannya,
·         Teori pragmatik  adalah  teori yang menelaah antara simbol yang telah dimaknai tersebut dan kaitannya dengan perilaku penerima.
            akuntansi tidak semata mata meruapakan  suatu pengetahuan yang bersifat mekanis,akan tetapi suatu pengetahuan yang memerlukan proses pemikiran dan penalaran ilmiah .
            proses pemikiran tersebut menggunakan berbagai paradigma ,yang disebut kerangka pemikiran teoritis yang berfungsi untuk menjelaskan praktik atau memberi justifikasi terhadap praktik, juga dapt digunakan untuk mempengaruhi praktik.
            Paradigma sendiri merupakan gambaran fundamental mengenai suatu masalah dalam ilmu pengetahuan selain itu, paradigma disebut suatu sebagai pemikirin konseptual dan instrument kerangka kerja ,dengan tujuan untuk menciptakan model- model melalui penelitian ilmiah yang khas dan koheren suatu paradigm harus memiliki suatu unsure seperti,
a.      Exemplar
b.      Image of the subjects matter
c.       Theories
d.      Methods
            Paradigma dalam akuntansi terdiri dari, 1. Antropologichal /induktif  2. The true income/deduktif 3. Decission usefulness/decission model  4. Decission maker  / agregat market behavior, decision maker individual  user dan 6. Information /economic.
            Perkembanga suatu paradigma tidak akan mencapai  suatu wujud pengetahuan yang final dan mutlak  setiap perkembangan yang terjadi pada masing –masing paradigma ,senantiasa harus selalu di uji di verifikasi untuk menentukan adanya anomali-anomali.
            Para ilmuan berpendapat bahwa tidak ada suatu teori yang benar benar final atau mutlak  popper berpendapat “ tidak ada suatu teori yang dapt di buktikan sebagai kebenaran pinal ,yang ada adlaah terbukti salah ,menurut pandangan sophisticated falsification, teori handal adalah teori yang dapat member informasi lebih baik dari teori sebelumnya
            Belkaoui menyatakan bahwa teori dalam akuntansi adalah middle  rangeyang berarti bukan teori sebagai penjelasan ilmiah dan metodologinya tidak harus metodologi ilmiah bahkan dapatmengginakan berbagai pendekatan dan metodologi atau paradigm , sehingga akuntansi bisa disebut ilmu dengan multi paradigma
( di catat dari buku Dr winwin yadiati, S.E., M.Si., Ak.)
SEKIAN!!! 
mudah mudahan bermanfaat



No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2016. media cerdas.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License